Selasa, 12 Juli 2011

Terra - Browser Mantap Pengganti Safari


Terra - Browser Mantap Pengganti Safari
Pernah mendengar tentang Terra Web Browser? Saat ini Terra adalah aplikasi gratis paling populer di iPad App Store. Jika Anda ingin cari alternatif selain Safari browser untuk iPad yang Anda pakai, maka Terra Web Browser ini adalah pilihan yang paling tepat. Untuk ukuran aplikasi gratis, Terra tergolong memiliki kualitas yang sangat baik. Anda juga bisa lihat bagaimana aplikasi ini mendapatkan rating positif di App Store. 

Terra menggunakan minimal interface pada tab, merubah ke bentuk fullscreen bisa dilakukan dengan tap pada sebuah tombol yang memang didesain untuk itu. Tidak seperti aplikasi lain yang umumnya menggandakan fullscreen mode dengan icon semi transparan yang diletakkan pada sisi atas sebauh webpage, Terra memilih menempatkan sebuah button di sudut kanan atas. Jika Anda ingin fokus untuk membaca sebuah artikel, misalnya, tinggal pencet fullcsreen button.

Selain itu multitouch gestures yang ada di iPad sangat mendukung switch antar tab yang terbuka dengan menggunakan swipe tiga jari. Toolbar di bagian atas memberikan akses layaknya browser iOS lain seperti address bar, refresh button, Google search, settings, bookmarks dan action button.

Anda bisa buat password untuk browser ini, menggunakan incognito mode seperti pada Google Chrome, merubah user agent atau modifikasi search engine. Anda bisa juga import bookmarks dari komputer tapi harus digunakan iTunes File Sharing untuk bisa melakukannya. Bookmarks, history dan ‘saved files’ ditempatkan di sebuah bookmarks pop-over yang ada di sebelah kiri browser.

Namun dari semua fitur yang ada, yang paling mengagumkan dari Terra adalah cara brwoser ini mengatur tab. Bukan saja semua tab tersebut sangat stabil meski harus membuka banyak sekali tab (telah dicoba dengan 13 tab dan semuanya bisa bekerja optimal), namun tab pada Terra didesain dengan popup menu yang unik. Popup menu ini berfungsi untuk menunjukkan sebuah webpage full title saat Anda tap & hold sebuah tab. Jika Anda membuka banyak tab maka adanya icon itu akan sangat membantu tanpa harus membuka tab satu per satu.

Namun perlu dicatat bahwa seperti browser lain (selain official browser Safari) maka Terra juga tidak dapat mengakses Nitro Javascript engine. Sebenarnya tidak jadi soal karena performa Terra ini sudah sangat bagus dibanding browser lain seharga $2.99. Anda bisa download gratis Terra di App Store.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar