Sabtu, 16 Juli 2011

Gembos | Tips Menyiasati Trafik Blog Turun

Gembos. Kata itu saat pilpres lalu kerap disebut, seiring perolehan suara salah satu kandidat yang dinilai kurang signifikan dan ditengarai akibat mesin politiknya gembos. Blog pun ternyata juga bisa gembos. Artinya, trafik turun. Bagaimana tips menyiasati fenomena ini? 
Ada sejumlah faktor yang menyebabkan trafik mengalami impotensi penurunan. Antara lain:

1. Lama tak update.
Ini sangat masuk akal. Karena, makin sering kita mengupdate blog, makin banyak 'pintu' bagi visitor untuk berkunjung ke blog kita. Nah, kalo pemicu gembosnya blog karena ini, solusinya ya buruan diupdate. Kalau sampeyan lagi blank, banyak cara untuk cari bahan postingan. Seperti Googling, mengamati berita di TV atau koran, cerita pengalaman pribadi, dll.

2. Jarang blogwalking (dan berkomentar di blog lain).
Dengan meninggalkan 'jejak' di blog lain berupa komentar, ada peluang link kita diklik orang lain. Sehingga, otomatis trafik meningkat.

3. Kena Google Dance.
Saya nggak tahu persis, Google Dance itu apa. Apakah habis dapat lotere kok terus joget-joget?!! Cuma, dari referensi yang saya baca, itu adalah periode ketika Google melakukan pembenahan perangkingan. Konsekuensinya, postingan lama terindeks. Jika biasanya hanya dalam hitungan menit, bisa jadi lebih dri 1 hari. Konon, sekarang fenomena Google Dance sudah jarang terjadi karena bot Google makin pintar dan makin tinggi frekuensinya merevisit website/blog.

4. Kena Sandbox.
Ini yang paling dikhawatirkan blogger. Sebab, jika kena Sandbox, masih mending blog
ada di urutan buncit SERP. Kadang malah tak terindeks sama sekali. Akibatnya, trafik terjun bebas.

Dari beberapa referensi, penyebab blog kena Sandbox karena kita dianggap melakukan sesuatu yang tidak natural dalam optimasi. Misalnya, membangun banyak backlink dalam waktu singkat, melakukan teknik blackhat SEO sehingga visitor melonjak tak rasional, terlalu sering ngeping, nembak keyword secara berlebihan, terlalu sering ganti template, dll. So, lakukan semuanya secara natural.

Itu saja tips dari saya. Salam ngeblog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar