Selasa, 12 Juli 2011

iPad dan Aksesoris Wajib Bagi Fotografer


iPad dan Aksesoris Wajib Bagi Fotografer
iPad 2 telah rilis dan iPad 1 pun turun harga $100 untuk masing-masing modelnya. iPad 1 disebut sebagai sahabat terbaik bagi para fotografer, demikian juga dengan iPad 2 yang pastinya memiliki fitur lebih lengkap dari pendahulunya.

Tidak adanya integrated card reader & USB pada tablet milik Apple itu memang sangat mempengaruhi kenyamanan kerja para fotografer. Untungnya Apple menyediakan Camera Connection Kit yang mampu support iPad dengan 2 dongles: Camera Connector dan SD Card Reader.

Namun para fotografer profesional yang menggunakan kamera Canon 5D Mark II atau Nikon D3s, mereka tetap membutuhkan CF card reader.

Video di bawah ini menunjukkan CF card reader pertama di dunia yang khusus didesain untuk iPad 1 dan iPad 2.





CF card memang dutujukan bagi para fotografer profesional. Dengan CF card reader tertancap pada iPad, fotografer bisa lakukan preview foto-foto high resolution dilayar lebar iPad. Selain itu juga bisa dilakukan backup saat melakukan preview.

Bekerja dengan laptop barangkali bisa saja dilakukan, namun untuk sejumlah alasan bekerja menggunakan iPad akan memberikan kemudahan tersendiri. Proses backup dan transfer file bisa dilakukan dengan sangat cepat di iPad 2.

Ini adalah CF card slot dan sebuah USB interface:



Bagaimana cara menggunakan CF card slot? Tinggal tancapkan saja di connector port yang ada di iPad. CF card slot ini memang lebih pas digunakan pada iPad 2 dengan iOS 4.3. Untuk USB port, perlu dicatat device yang Anda hubungkan dengan iPad dan membutuhkan daya lebih dari 20mA tidak akan bisa dijalankan. Sementara untuk CF card slot, kompatibel dengan semua UDMA dan non-UDMA CF cards. Juga bisa read/write pada speed upto 133MB/s.



Micgadget melakukan test terhadap CF card slot ini dengan menggunakan sebuah memory card Sandisk Ultra 4GB CF (30MB/s). Sandisk ini memuat file:
- 3 foto (21 megapixels, JPEG, total: 13.6MB)
- 5 video (1080/24p, total: 590MB)
*semuanya diambil menggunakan kamera Canon 5D Mark II.



Proses transfer berlangsung sangat cepat. Thumbnail dari video juga ditampilkan sehingga bisa dilihat file apa saja yang tengah ditransfer.



Setelah proses import foto dan video selesai, ada satu hal yang patut dicermati. iPad tidak support video Canon 5D Mark II sehingga video tersebut tidak bisa diputar di layar iPad yang lebar itu. Fakta ini sepertinya memang sangat mengecewakan bagi para pembuat film profesional. Selebihnya, semua foto tertransfer dengan benar dan kualitas image terjaga baik.

Selanjutnya yang wajib dimiliki fotografer adalah sebuah 3-in-1 Camera Connection Kit. Produk ini sudah ada tahun lalu dan merupakan temuan luar biasa untuk iPad. Bentuknya kecil namun memiliki fungsi lengkap untuk bisa mengkoneksikan USB, SD dan Micro SD cards. Support iPad 1 dan support iPad 2 tanpa masalah.





Produk ini tidak mengalami kendala saat digunakan dengan iOS 4.3. Pemilik iPad 1 masih bisa menggunakannya demikian pula pemilik iPad 2. 3-in-1 Camera Connection Kit tersedia dalam 2 warna: hitam dan putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar