Selasa, 28 Juni 2011

Saat Diet Perhatikan Kalori dari Minuman

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Ketika sedang diet biasanya orang lebih fokus menghitung jumlah kalori dari makanan, padahal minuman yang dikonsumsi juga mengandung kalori. Untuk itu perhatikan kalori yang masuk dari minuman.

Minuman yang umumnya sering dikonsumsi saat diet dan mengandung kalori adalah susu dan jus buah, tapi banyak orang yang tidak menyadari kandungan kalori dari minuman tersebut.

"Meski susu dan jus memiliki banyak nutrisi penting dan menjadi bagian dari diet sehat, tapi keduanya memiliki kalori seperti halnya dari makanan," ujar Katherine Zeratsky, RD, LD yang mendapat sertifikat ahli gizi dari American Dietetic Association, seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis (16/6/2011).

Sebagai aturan umum, orang dewasa sebaiknya tidak minum jus lebih dari 118 mL per hari dan untuk susu sebesar 473-710 mL. Dan pilihan minuman yang lebih baik adalah air putih.

Jika memang perut belum cukup kenyang, maka cemilan buah dan sayuran segar lebih mambantu. Buah dan sayuran ini akan jauh lebih mengenyangkan dibanding jus dan mengandung kalori yang lebih sedikit.

Selain itu agar program diet bisa berjalan dengan sukses dan sehat, maka ada 5 strategi yang bisa dilakukan yaitu:

1. Memiliki komitmen yang kuat
Untuk menurunkan berat badan dibutuhkan waktu, usaha dan komitmen seumur hidup. Untuk itu pastikan Anda siap melakukan beberapa perubahan secara permanen dan mengelolanya dengan baik.

2. Temukan motivasi dari dalam diri
Agar diet yang dilakukan bisa berhasil maka harus dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri. Karenanya temukan motivasi yang kuat dari dalam diri yang mendorong Anda untuk tetap menjalankan program tersebut.

3. Membuat tujuan yang realistis
Buatlah tujuan yang realistis dalam menurunkan berat badan yaitu sekitar 0,5-1 kg dalam seminggu. Jika target yang ingin dicapai terlalu tinggi dan tidak bisa dicapai bisa menurunkan semangat yang dapat menggagalkan program diet.

4. Nikmati makanan sehat yang dikonsumsi
Salah satu cara menurunkan asupan kalori adalah dengan mengonsumsi makanan nabati lebih banyak. Usahakan untuk tidak melepaskan rasa dari makanan tersebut sehingga tidak menurunkan nafsu makan dan tetap menikmati makanan sehat yang dikonsumsi.

5. Tetaplah aktif berolahraga
Salah satu kunci menurunkan berat badan adalah membakar kalori untuk mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Untuk itu temukan olahraga yang disukai dan usahakan membuat variasi agar tidak bosan. Selain menurunkan berat badan, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar