Jumat, 24 Juni 2011

Ketika Kata Maaf Tak Lagi Cukup

Hidup seringkali merupakan rangkaian kehidupan. Tanpa dapat diprediksi sebelumnya, kebanyakan orang menemukan diri mereka bergerak dari satu momen ke momen lain – dan setiap momen itu dihubungkan oleh momen dadakan yang pada akhirnya melemparkan Anda ke masa depan. Hal ini mungkin tidak lebih benar daripada masa setahun pacaran kami. Hubungan kami begitu dipenuhi dengan harapan dan sikap optimis dan tidak begitu yakin masa depan seperti apa yang akan kami hadapi, sebagian besar orang merupakan pencari. Apa yang mereka cari adalah seseorang yang spesial – yang akan membantu mereka menentukan masa depan dan menunjukkan kepada mereka apa yang harus mereka lakukan secara tepat. Masalah yang seringkali dihadapi adalah, kita bertemu dengan orang yang tepat di waktu yang salah dalam hidup kita. Mereka dapat mengasihi kita, kita dapat mengasihi mereka sebagai balasannya – namun pada akhirnya kita membuat keputusan atau melakukan tindakan yang menurut kita tepat pada waktu itu. Lalu suatu hari, kita menemukan diri kita merasa bersalah dan menyesali serta menyadari bahwa terkadang, kata maaf saja tidak cukup untuk menyembuhkan rasa sakit yang telah kita lakukan pada orang lain.
Cerita berikut merupakan sebuah kisah yang umum. Seorang pemuda pemudi bertemu. Mereka jatuh ke dalam luapan emosi yang mereka pikir itu adalah cinta dan akhirnya baik sang pemuda maupun pemudi ingin membawanya ke tingkat yang lebih serius. Mereka mulai membicarakan pernikahan, rumah dan anak-anak. Tiba-tiba, tabel cinta menjadi sangat tidak seimbang dan orang yang lebih dicintai – memiliki keunggulan rahasia atas orang lain. Dan mereka tahu hal yang menurut mereka sangat penting ini ada di sana sedang menanti dirinya untuk mengambil langkah lebih lanjut, untuk bertumbuh hanya dengan mengusahakan segala sesuatunya berjalan dengan baik atau melakukan hal yang benar. Namun, orang ini ragu, ia merasakan potensi lebih yang dimilikinya – dan berjalan dengan itu.
Meskipun mereka tahu bahwa mereka menempatkan hidup orang lain di atas seutas tali, namun mereka senang bahwa ada orang lain yang sedang menunggu mereka. Perasaan nyaman itu begitu menguasai dan sangat adiktif. Yang paling penting, mereka sangat sadar bahwa mereka dicintai; mereka menempatkan cinta dalam penantian – bahkan jika hal itu harus melalui serangkaian hal yang tidak enak dan menyakitkan. Daripada mengucapkan selamat tinggal – mengakhiri hubungan yang mereka jalani, mereka berperilaku dengan cara yang menyakitkan, kasar, dengki dan egois. Mereka berharap entah bagaimana tindakan mereka akan menjelaskan alasannya suatu hari nanti, namun mereka umumnya mengetahui ada seseorang yang selalu menunggu ketika segala sesuau di dalam kehidupan membuat mereka down.
Sementara mereka tahu apa yang harus mereka lakukan, mereka menikmati perjalanan kekuatan yang dicintai oleh seseorang begitu dalam sehingga rela untuk menunggu. Dan dalam perjalanan ketidakdewasaan ini, mereka berakhir dengan menyakiti orang lain secara menyedihkan. Sayangnya, bahkan ketika hari yang menentukan dan tak terbantahkan itu datang  dan pihak yang menunggu telah sampai pada titik akhir kesabaran dan memilih untuk pergi, untuk kebaikan pada kali ini – pihak yang egois ini tidak pernah menyadari tingkat kerusakan yang telah mereka sebabkan. Seringkali, tidak sampai bertahun-tahun kemudian – saat mereka melihat kesalahan yang telah mereka lakukan, pemikiran itu terus mengganggu dan menghantui mereka. Di saat itu, mereka mungkin telah menikah dan memiliki anak dengan orang lain. Mereka mungkin menghidupi kehidupan yang sama yang mereka perjuangkan untuk mereka hindari di masa lalu. Namun, mereka mulai berpikir tentang pasangan mereka di masa lalu dan merasa buruk tentang bagaimana ia memperlakukannya di masa lalu, dan bertanya-tanya akan seperti apakah kehidupan mereka saat ini jika mereka memilih untuk melakukan beberapa hal secara berbeda.
Kenyataan yang menyedihkan adalah kebanyalan orang telah menjadi pihak yang lebih mencintai – atau mereka yang lebih dicintai dalam suatu hubungan – setidaknya sekali dalam hidup kita. Tindakan kita selama waktu itu terkadang menjadi beban dan ada satu titik dalam kehidupan dimana Anda ingin mengatakan Anda menyesal atas apa yang telah terjadi. Kemungkinan yang ada adalah saat itu telah sedikit terlambat.
Jika Anda memikirkan hidup Anda kembali, Anda akan menyadari selama tahun-tahun penuh kegilaan akan kehidupan yang impulsif dan penuh keraguan, ada orang-orang berharga yang melintasi hidup Anda. Mereka membantu untuk membuat tahun-tahun ini begitu menyenangkan dan secara diam-diam memainkan peranan besar akan siapa diri Anda hari ini. Sebut saja sebagai ketidakdewasaan atau ketidakmengertian Anda, kenyataannya kebanyakan dari kita begitu sibuk hidup di masa itu – momen demi momen – sehingga kita jarang menyadari minggu yang berlalu. Jadi saat cinta masuk ke dalam kehidupan kita, walaupun mungkin Anda menyadarinya, namun Anda tidak dapat menerimanya dengan cara yang seharusnya. Hal itu bahkan terjadi pada orang baik sekalipun dan Anda perlu meminta maaf. Namun pada saat Anda ingin meminta maaf, orang ini telah memotong ikatan yang ada di antara kalian karena harus menangani kerusakan emosional yang terjadi dan ia melakukan hal ini tidak lebih sebagai upaya untuk menenangkan diri.
Jadi, bagaimana Anda dapat memperbaiki apa yang telah Anda lakukan – terutama jika melibatkan hati seseorang? Apalagi jika ia adalah seorang yang benar-benar mengasihi Anda? Bahkan jika itu sepertinya telah terjadi di masa lalu! Bagaimana jika sekedar permintaan maaf saja tidaklah cukup?
Dalam beberapa hal, mungkin cukup untuk orang tersebut sekedar tahu bahwa Anda menderita. Mungkin Anda telah menyebabkan rasa sakit hati dalam kehidupan mereka begitu parah sehingga pada titik ini, mereka tidak akan benar-benar peduli jika Anda ditabrak bis. Namun, mengetahui bahwa orang yang telah menyakiti mereka merasa buruk dan bahkan mungkin menyesal, bisa jadi akan sedikit menenangkan kemenangan mereka. Haruskah Anda memburu mereka, mencari mereka di internet – hanya agar Anda dapat memberikan kepuasan akhir kepada mereka? Jawabannya tergantung pada tentang apa permintaan maaf Anda sebenarnya.
Seringkali, hal buruk mengenai permintaan maaf adalah sebagian besar bukan tentang orang yang Anda sakiti. Kebanyakan permintaan maaf berakar dari keegoisan dan rasa bersalah dan hanya diucapkan dalam upaya melepaskan perasaan Anda. Jadi, dalam meminta maaf, Anda sesungguhnya hanya melanjutkan jenis yang sama dari perilaku mementingkan diri sendiri yang membuat Anda memulai segala kekacauan ini. Namun, jika permintaan maaf datang dari kejujuran dengan menyadari rasa sakit yang Anda timbulkan pada orang lain – dan itu berarti ingin memulihkan hatinya daripada perasaan Anda sendiri, Anda mungkin ingin setidaknya untuk mencoba.
Sangat penting juga untuk mempertimbangkan bahwa hanya karena Anda merasa perlu untuk mengatakan Anda menyesal, bukan berarti orang lain akan menerimanya dengan mudah. Dalam hidup, melukai hati seseorang yang mencintai Anda sampai ia merasakan rasa sakit yang amat sangat adalah suatu pelanggaran yang tak dapat dimaafkan. Apakah Anda siap untuk tidak dimaafkan? Sebelum Anda mengirim email atau menelepon, Anda juga harus bertanya-tanya jika Anda muncul dan membangkitkan kembali rasa sakit dalam kehidupan seseorang bukan merupakan suatu jenis usaha sama sekali. Menulis surat atau mengirim email dan mengekspresikan perasaan Anda kepada seseorang yang telah Anda sakiti dapat membangkitkan perasaan yang orang tersebut sebenarnya tidak ingin berurusan dengan hal itu lagi. Dalam hal ini, tentu saja hal itu menjadi tidak adil bagi orang yang Anda sakiti.
Kenyataannya adalah perkataan maaf seringkali tidaklah cukup. Dan tidak ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membatalkan hal itu atau melakukan hal-hal yang dapat membuatnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, Anda harus belajar untuk hidup dengan tindakan dan keputusan yang telah dipikirkan terlebih dahulu. Dunia terus berputar dan orang ini yang pernah ada di dalam pikiran Anda bertahun-tahun yang lalu – saat ini terus berputar di dalam pikiran Anda. Mungkin alam semesta sedang mencoba memberitahu Anda sesuatu ketika lagu tertentu sedang diputar di radio dan menghidupkan kembali masa lalu Anda. Anda pun harus memutuskan apakah menghadapi hukuman Anda adalah sesuatu yang dapat Anda atasi atau Anda harus menbersihkan diri dengan membuka dan membuang luka lama yang akan mendatangkan kebaikan. Intinya adalah ada beberapa tindakan yang harus Anda ambil dalam hidup ini, namun yang terlebih penting adalah bagaimana Anda menyadari bahwa setiap tindakan dan keputusan Anda dapat memberi dampak yang besar bagi kehidupan orang lain. Oleh karena itu, hiduplah dengan bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar