Jumat, 24 Juni 2011

Kepercayaan

PERCAYA Itu…mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau NYATA.
PERCAYA itu… menganggap atau yakin bahwa sesuatu itu benar-benar ADA.
PERCAYA itu… menganggap atau yakin bahwa seseorang itu JUJUR
PERCAYA itu… yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu (bahwa akan dapat memenuhi harapannya dsb)
K – E – P – E – R – C – A – Y – A – A – N
Bukannya mau berburuk sangka, tapi wajar ga sih kalau kita meragukan kepercayaan kita kepada seseorang?.
Memberi/Menerima sebuah kepercayaan itu bukanlah hal yang mudah. Terutama bila kita sudah pernah terluka karena pernah dikhianati penyalahgunaan kepercayaan yang kita berikan. KEJUJURAN adalah dasar dari sebuah kepercayaan itu. Sekali orang berbohong, bisa saja dia akan mengulangi kebohongan yang kedua, ketiga, keempat, … (?)
Tapi ada juga yang bilang, kalau kepercayaan itu bisa tumbuh karena CINTA. Orang tua yang sudah dihobongi berkali-kali oleh anaknya, tetap akan memepercayai anaknya karena dia CINTA. Pasangan yang telah dikhianati berkali-kali, tetep akan mempercayai pasangannya karena CINTA.
Jika saya ditanya: apakah kamu termasuk orang yang benci jika dibohongi? Ya..TENTU SAJA, bukan hanya BENCI tapi juga MUAK. Rasanya seperti terhempas kedalam dasar jurang yang paling dalam, jka kita tahu orang yang kita percaya ternyata telah menyalahgunakan kepercayaan itu. Membangun sebuah kepercayaan yang telah ternoda, susahnya sama seperti mengembalikan retakan cangkir yang terlanjut jatuh dan pecah. Meskipun kita mencoba merekatkannya kembali dengan lem super glue sekalipun, retakan itu pasti masih akan terlihat!
Dalam Islam, menjaga sebuah kepercayaan adalah kewajiban, dan itu yang dinamakan AMANAH.
“Tidak ada KEIMANAN bagi orang yang tidak memiliki AMANAH, dan tidak ada AGAMA bagi orang yang tidak pandai memeliharanya” (HR Imam Ahmad bin Hambal)
Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk belajar menghargai kepercayaan yang diberikan orang lain kepada kita. Karena toh kita juga tidak akan mau jika orang lain mengkhianati kepercayaan yang kita berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar