Selasa, 28 Juni 2011

Kalori Minuman Beralkohol Lebih Tinggi dari Lemak di Donat

img
foto: Thinkstock
London, Seringkali diet tidak sukses meski sudah membatasi jenis dan porsi makanan. Kesalahan paling umum adalah tidak memperhatikan minumannya, sebab kandungan kalori dalam beberapa jenis minuman beralkohol lebih tinggi dari sebutir donat. 

Badan amal pemerhati kesehatan khususnya yang menyangkut kebiasaan minum alkohol, Drinkaware baru-baru ini melakukan survei terhadap 2.000 orang dewasa di seluruh Inggris. Drinkaware menyurvei porsi alkohol dalam program diet yang dilakukan para responden. 

Asupan alkohol dalam program diet mendapat perhatian karena minuman ini rata-rata memiliki jumlah kalori yang setara dengan lemak murni. Meski begitu, tidak banyak yang menyadarinya sehingga tidak dimasukkan ke dalam pantangan atau minimal dikurangi porsinya. 

Demikian juga seperti yang terungkap dalam hasil survei, 2 dari 3 responden tidak menyadari bahwa minuman beralkohol bisa bikin gemuk. Akibatnya minuman ini tetap menjadi penutup makan malam, sehingga tak heran jika tidak kurus meski sudah berdiet. 

Survei itu juga mengungkap, 1 dari 3 responden selalu mengukur atau paling tidak memperkirakan asupan kalori dalam makanan yang akan dimakan. Namun tak banyak yang mengukur jumlah kalori dalam minumannya, yakni hanya 1 di antara 10 responden. 

Padahal menurut Drinkaware, segelas bir dengan kadar alkohol 4 persen rata-rata mengandung 193 kalori atau setara dengan sebutir donat lapis gula. Sedangkan campuran gin dan tonik yang biasa disajikan dengan lemon, kandungan kalorinya mencapai 104 atau setara dengan sepotong puding. 

Pantangan atau pembatasan makan seringkali sia-sia hanya karena ketidaktahuan tersebut. Meski sudah menyingkirkan Choc ice atau sejenis cemilan es krim beku, asupan kalorinya akan tetap sama jika tetap mengonsumsi segelas anggur beralkohol yang sama-sama mengandung 134 kalori. 

Selengkapnya, berikut ini kandungan kalori dalam beberapa jenis minuman beralkohol menurut Drinkaware seperti dikutip dari Dailymail, Senin (23/5/2011). 




Jenis minumanKaloriSetara dengan
Segelas bir atau lager 4 %193Donat lapis gula
3 gelas bir 5 %727Seporsi sarapan
2 gelas campuran gin dan tonik1042 potong puding Yorkshire
Segelas anggur beralkohol134Sepotong Choc Ice
Segelas champagne95Seiris kue tart
(up/ir) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar