Minggu, 26 Juni 2011

Ilmuwan Temukan Peninggalan Pertama Zaman Es

Ilmuwan Temukan Peninggalan Pertama Zaman Es

Ilmuwan berhasil menemukan sebuah fragmen tulang berusia 13.000 tahundi Florida. Pada tulang ini terlukis gambar mammoth atau mastodon. Seperti apa?

Ilmuwan yakin temuan ini menjadi yang tertua dan satu-satunya dari zaman es. Temuan ini menggambarkan proboscidean atau binatang berbelalai di Amerika Serikat (AS). Gambar pada fragmen tulang yang ditemukan pemburu fosil amatir James Kennedy di Vero Beach ini muncul saat masuk proses pembersihan.

Para peneliti mengklaim temuan ini sebagai bukti manusia dari zaman es. "Temuan ini sangat menarik," ujar peneliri Dennis Stanford dari Smithsonian Institute.

Terdapat ratusan penggambaran Proboscidean di dinding gua dan tulang di Eropa namun belum pernah ditemukan di AS hingga saat ini, lanjutnya.

Gambar pada tulang ini sepanjang tiga inci dari kepala hingga ekor dan setinggi 1,75 inci dari kepala hingga ujung kaki kanan. Fosil tulang ini berasal dari mamalia besar yang kemungkinan besar adalah mammoth atau mastodon seperti ditulis Dailymail.

Namun penelitian lebih lanjut tak bisa dilakukan karena kondisi fragmen dan kurangnya fitur diagnostik. Pemimpin studi Barbara Purdy dari University of Florida mengatakan, "Hasil penyelidikan ini menjadi contoh sempurna nilai kerjasama antar ilmuwan, termasuk arkeolog, paleontolog, anthropolog forensik, teknisi materi sains dan seniman."

Temuan ini kini menjadi bagian pameran mammoth dan mastodon di Florida Museum of Natural History di Gainesville. Hasil riset tim ini diterbitkan di Journal of Archeological Science.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar