Kamis, 02 Juni 2011

5 Aplikasi berbahaya di Facebook

Facebook ,Situs jejaring sosial ini memang sedang digandrungi jutaan manusia di bumi saat ini,begitupun di indonesia,dan saya yakin sobat adalah salah satunya, Namun berhati-hatilah bagi sobat  yang memiliki account di facebook, karena ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk memasukkan beberapa aplikasi berbahaya ke dalam facebook. Dan korbannya, tidak sedikit.Meskipun pihak Facebook telah mematikan aplikasi berbahaya yang dapat mencuri data login membernya. Namun saat Aplikasi satu dimatikan, lima aplikasi baru muncul kembali. 

Rik Ferguson peneliti dari perusahaan antivirus Trend Micro melaporkan lima aplikasi tersebut bernama Friends, Friends Gifts, Matching, Pok, dan Your Photos. Menurut catatan Ferguson, aplikasi berbahaya itu memiliki bentuk yang sama dengan pendahulunya, tapi menggunakan ikon applikasi yang tidak sama. Selain itu pemberitahuannya lebih meyakinkan.
 
 
Sebelum aplikasi ini dimatikan, korban telah menerima pemberitahuan adanya komentar balasan mengenai surat yang mereka buat. Pemberitahuan tersebut mencantumkan link ke sebuah situs palsu di mana para pengguna Facebook diminta memberikan keterangan login mereka dan untuk memasang salah satu applikasi berbahaya tersebut. Ketika aplikasi telah dipasang, teman korban akan menerima pesan spam. 

Menurut seorang juru bicara Facebook saat aplikasi berbahaya itu muncul, langsung dimatikan.
Facebook akan tetap memastikan bahwa seluruh aplikasi yang terdapat pada situs tersebut sesuai dengan kebijakan Facebook,” katanya. Facebook telah menemukan enam buah aplikasi berbahaya pada pekan lalu. Salah satunya telah dimatikan namun lima lainnya menyusul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar