Kamis, 02 Juni 2011

Hujan Meteor 2011

Hujan Meteor dahsyat diprediksi akan terjadi pada tahun 2011.
Badai meteor mengancam stasiun angkasa luarInternational dan satelit-satelit seperti teleskopHubble.Badai meteor ini diyakini akan menjadi badai meteor terkuat terkuat dalam lebih dai satu dekade.Demikian peringatan dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tanggal 17 Juni 2010.


Pakar Astronomi NASA  khawatir bahwa kumpulan serpihan komet itu akan terjadi selama 7 jam,bukan hanya mengancam stasiun luar angkasa dan satelit,tetapi juga bisa mengenai pesawat luar angkasa yang sedang mengorbit dan merusak perangkatelektroniknya.

Ilmuwan NASA seperti dikutip Harian Telegraph,mengatakan bahwa Badai meteor tersebut akan menimbulkan tontonan visual tentang bintang,namun demikian ia mengaku belum bisa memastikan dampak kerusakan serius yang ditimbulkan, namun operator kendaraan angkasa luar telah diminta untuk mengembangkan mekanisme  pertahanan.
NASA juga sedang menyelidiki kemungkinan memutar  arah Stasiun angkasa luar dan teleskop Hubble untuk memastikan area rawan tidak berhadapan langsung dengan semburan pasir.
Astronot juga dilarang melakukan "spacewalk" hingga ancaman semburan partikel angkasa luar berlalu.namun satelit,termasuk satelit penyedia layanan penting seperti telekomunikasi,perangkat bernavigasi satelit (satnav),dan televisi,akan tetap menghadang badai.
Dr William Cooke,Pakar meteor NASA di Alabama,mengatakan berbagai rencana sedang dipersiapkan untuk menghindari masalah-masalah  akibat badai.Dari data-data yang terkumpul,komputernya menyimpulkan bahwa beberapa ratus meteor perjam akan tampak dari bumi pada tanggal 8 Oktober tahun 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar