Rabu, 22 Juni 2011

PSYCHO/PSIKOPAT

Artikel ini menerangkan ciri - ciri seorang PSYCHO, artikel ini juga asaya rangkum dari beberapa situs yag pernah saya baca dan mudah-mudahan berguna bagi pembaca dan saya khususnya.

Inilah Pengertian Psikopat

Psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya.


Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut "orang gila tanpa gangguan mental". Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau di rumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan.

Seorang ahli psikopati dunia yang menjadi guru besar di Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada bernama Robert D. Hare telah melakukan penelitian psikopat sekitar 25 tahun. Ia berpendapat bahwa seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.

Dalam kasus kriminal, psikopat dikenali sebagai pembunuh, pemerkosa, dan koruptor. Namun, ini hanyalah 15-20 persen dari total psikopat. Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan.

Psikopat memiliki 20 ciri-ciri umum. Namun ciri-ciri ini diharapkan tidak membuat orang-orang mudah mengecap seseorang psikopat karena diagnosis gejala ini membutuhkan pelatihan ketat dan hak menggunakan pedoman penilaian formal, lagipula dibutuhkan wawancara mendalam dan pengamatan-pengamatan lainnya. Mengecap seseorang dengan psikopat dengan sembarangan beresiko buruk, dan setidaknya membuat nama seseorang itu menjadi jelek.

 Secara harfiah psikopat berarti sakit jiwa, berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis). Seorang psikopat sadar sepenuhnya dengan perbuatannya.

Menurut Robert Hare, yang telah melakukan penelitian psikopat sekitar 25 tahun, seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.

Dalam kasus kriminal, psikopat dikenali sebagai pembunuh, pemerkosa, dan koruptor. Namun, ini hanyalah 15-20 persen dari total psikopat.

Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa, menyenangkan, dapat menguasai berbagai ilmu pengetahuan, bersikap religius, dan kelihatan tampak sukses dalam karier. "Psikopat yang karismatik dan well educated inilah yang paling sulit dideteksi," kata Hare, yang menjadi pembicara dalam seminar psikopat.

Psikopat sejati menghancurkan semangat, karier, dan reputasi seseorang, yang menyebabkan korbannya sering merasa bersalah terhadap dirinya sendiri dan sebaliknya malah mengasihani psikopat. Lantas, korban psikopat menjadi mudah tersinggung, depresi kroni, sampai nervous breakdown.

Bila kata psikopat disebut, pikiran mungkin langsung melayang pada Hannibal Lector, pembunuh berantai dalam film Silence of the Lamb, sosok “sempurna” dan ‘normal” yang jauh lebih jahat dari penampilannya. Seperti Hannibal, seorang psikopat memang kerap menipu lewat penampilan.

Untunglah, manusia seperti Hannibal - yang sangat menyukai upacara penyiksaan - tergolong spesies langka di muka Bumi. Kau ada sejuta orang seperti Hannibal, mungkin akan banyak manusia pindah ke Bulan, karena Bumi tak lagi aman. Meski bisa jadi, tanpa disadari, sebenarnya banyak psikopat lain yang berpenampilan sama sempurna dan sama normalnya dengan Hannibal, berkeliaran bebas di sekitar kita!

Maaf, bukan menakut-nakuti. Peringatan di atas sekadar mengutip iklan “Seminar Akbar Nasional Psikopat” yang digelar 21 - 22 Januari 2006 di Jakarta. Bukan menakut-nakuti juga, kalau ternyata tiga dari 10 pria Amerika Serikat, dan satu dari 30 orang Inggris adalah psikopat. Penampilan mereka tak jarang seperti idaman banyak orang: berbudi luhur, mulia, atau berkedok agama sesuai keyakinannya.

Mereka pun profesional di bidangnya. Ada yang dokter, psikiater, psikolog, penegak hukum, wartawan, pemuka agama, politikus, penggiat LSM, pendidik, ibu rumah tangga. Tak ketinggalan, mereka juga punya banyak julukan. Mulai dari yang keren sampai menyeramkan, seperti a white collar crime, the best actor, atau “serigala berbulu domba”.

Diagnosis Panjang

    * Adakah cara mengenali para psikopat yang berkeliaran itu? Secara klinis, jelas tak mudah, karena untuk sampai pada kesimpulan seseorang tergolong psikopat atau bukan.

“Harus melalui proses panjang dan sulit. Diagnostik sahih mesti disimpulkan setelah usia orang yang dicurigai lebih dari 18 tahun,” papar dr. Suryantha Chandra, Sp.KJ, kepala Sanatorium Dharmawangsa, Jakarta.

Sampai saat ini, pasien yang ditangani Sanatorium Dharmawangsa, yang akhirnya disimpulkan sebagai psikopat, rata-rata berusia antara 25 - 35 tahun. Sebuah rentang usia produktif. Sedangkan jumlahnya kurang dari 10% dari seluruh pasien yang datang.

Pada dasarnya, psikopat adalah sebutan singkat untuk gangguan kejiwaan, yang awalnya dikenali sebagai kenakalan remaja dan gangguan kepribadian antisosial (emosi dangkal, gampang meledak-ledak, tak bertanggungjawab, berpusat pada diri sendiri, serta kekurangan empati dan rasa sesal).

Penderitanya dianggap terlalu cuek, bipolar, keadaan pada bidang perasaan yang sangat ekstrem, seperti senang terus, terlalu banyak gagasan, berwawasan luas, selalu ingin mendapatkan semua, maniakal, bersifat manis yang memaksa serta suka mengambil jalan pintas untuk meraih keinginannya, megalomania.

Terapi seumur-umur

    * Untuk “menangkap’ psikopat diperlukan kerja tim ahli, mulai dari dokter, psikiater, psikolog, pekerja sosial, sampai occupational therapist (instruktur untuk memberi tugas atau pekerjaan tertentu).

Mereka bekerja berdasarkan holistic-eclectic approach, pendekatan bio-psiko-sosial yang akan memeriksa dan menilai faktor organ biologis, psiko-pendidikan, sosial budaya, dan religius-spiritualitas pasiennya.

Pemeriksaan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama, khusus kesehatan otak dan tubuh, lewat brain scanning, EEG, MRI, rontgen dan general check up. Pada tahap ini, tahun 1995, sebuah tim peneliti pimpinan Dominique LaPierre (Kanada) memaparkan hasil penelitian terhadap otak 30 pelaku kriminal. Ternyata ditemukan kelainan pada bagian prefrontal cortex (orbitofrontal - ventromedial), lobus temperalis, lapisan otak di arah pelipis kiri dan kanan, yang mempengaruhi kemampuan mengikuti aturan sosial dan etika.

Pemeriksaan tahap kedua, wawancara dengan psikiater yang menggunakan DSM-IV (The American Psychiatric Association Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder versi IV). Di Inggris penggunaan patokan ini berhasil menemukan 3% pria dan 1% wanita, yang “tertangkap” mengalami gangguan kepribadian antisosial.

Untuk menyimpulkan hasil wawancara, apalagi memberikan “gelar” psikopat, psikiater harus memperhatikan gejala kepribadian pasien, terutama sejak pasien berusia 15 tahun. Apakah ia sedikitnya kerap melakukan tiga dari tujuh ciri khas berikut ini: (1) gagal mengikuti norma sosial dan hukum, hingga berkali-kali ditahan pihak berwajib, (2) berulang-ulang berbohong, menggunakan berbagai alasan, lihai bicara, menipu untuk keuntungan pribadi atau sekadar bersenang-senang.

Atau (3) meledak-ledak dan tak punya perencanaan, kalau ingin sesuatu, harus saat itu juga dilakukan, (4) mudah tersinggung dan berangasan, sehingga sering terlibat penyerangan atau adu jotos, (5) tak peduli keselamatan diri sendiri atau orang lain, (6) tak bertanggungjawab, misalnya kerja sering tak beres dan ngemplang utang, (7) nyaris tak punya rasa sesal dan bersalah setelah menyakiti, menganiaya bahkan mencuri.

Karena segenap perbuatan di atas merupakan masalah perilaku, orangtua dan orang-orang terdekat sebaiknya mulai memberi perhatian lebih, bila anak atau orang yang dikenalnya melakukan hal-hal di atas berulang-ulang sebelum usianya menginjak 15 tahun.

“Mereka mesti hati-hati, banyak baca rujukan tentang gangguan kepribadian, konsultasi dengan psikolog dan psikiater. Bila usia pasien belum 15 tahun, para ahli paling-paling hanya akan memberi nasihat untuk mengamati dan jaga-jaga. Misalnya, simpan baik-baik barang berharga dan uang, agar pasien tak terpancing mencuri, termasuk mencuri milik keluarga sendiri,” saran dr. Suryantha.

Dicarikan pekerjaan

    * Tahap ketiga, keberadaan psikopat bisa dipertegas lewat psikotes. Psikopat umumnya ber IQ tinggi. Tes dilakukan dengan MMPI (Minnesota Multi Phasic Personality Inventory), pengukur psikotes yang versi Indonesianya disebut MIMPI.

Perangkat berskala 1 - 10 ini mengukur psychopathic deviate (Pd) alias kecenderungan psikopat. Ada skala dua untuk depresi, empat untuk psikopat, dan enam untuk paranoid.

Tahap keempat, dengan allo-anamnesa, pekerja sosial mengumpulkan info dari orang-orang terdekat pasien, semisal orangtua, guru, teman, rekan kerja, atasan, tentang keadaan dan perilaku orang yang dicurigai dari waktu ke waktu. Berpatokan pada lima tingkat multiaxial system akan diketahui apakah pasien mengalami gangguan klinis (axis I), gangguan kepribadian dan keterbelakangan mental (II), keadaan medis secara umum (III), masalah lingkungan dan psiko-sosial (IV), dan penilaian fungsi secara umum (V).

Semua pemeriksaan harus dilakukan dengan teliti. Kalau pasien ditengarai psikopat, penanganan dan pengobatannya disesuaikan dengan hasil pemeriksaan. Secara organ biologis, ia seumur hidup perlu mengonsumsi obat untuk menjaga kestabilan sumber “listrik” dasar di otaknya yang mengatur emosi. Pusat letupan dijaga agar relatif tenang, karena pada keadaan inilah diharapkan ia bisa lebih menyadari apa yang dikatakan dan dilakukan secara lebih bertanggungjawab.

Selanjutnya, dilakukan penanganan medis per kasus. Misalnya, penyandang cacat tubuh yang biasa memanfaatkan cacatnya secara berlebihan untuk dikasihani dan menggantungkan diri sehingga membebani orang lain, diberi latihan fisik agar bisa lebih bersaing dengan keterbatasan fisiknya.

Sementara tujuan bimbingan psiko-pendidikan secara psikologis untuk menyadarkan seorang psikopat, agar lebih mengendalikan perilaku dan memahami, bahwa sejumlah tindakannya melanggar norma hukum dan sosial.

Secara sosial budaya dan agama juga dilakukan bimbingan per kasus. Kalau problemnya karena menganggur, occupational therapist akan mengusahakan mencarikan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan pasien, bergaul dan lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Semuanya mengacu ke prinsip eclectic, mengutamakan atau memilih yang harus didahulukan.

Penanganan dan pengobatan penyandang psikopat minimal memakan waktu tiga tahun. Sanatorium Dharmawangsa menegaskan, pengobatan pasien dengan gangguan jiwa ini tak ada penyelesaiannya. Artinya, penanganan dan pengobatan harus dilakukan terus-menerus, dengan kerja sama banyak pihak, karena masalahnya tak selalu mudah. Bagaimana kalau si penderita ternyata pejabat, pengusaha atau orang penting?

Dipicu budaya sakit,

    * Memang, gelar psikopat kadang nemplok tanpa pilih tempat. Apalagi sering tanpa sadar masyarakat modern sendiri ikut andil melahirkan psikopat. Karena beratnya tekanan hidup, berbagai hal yang menyimpang dari norma dan hukum, justru menjadi aktivitas "sehari-hari”.

Praktik-praktik proyek fiktif, penggelapan pajak, atau aji mumpung-nya para pejabat dan pengusaha contohnya, dianggap sebagai hal biasa. Sistem pendidikan yang hanya mengejar prestasi, juga bisa memicu tumbuhnya pribadi psikopat. Bila tiap anak dituntut menjadi nomor satu, sementara ia sadar kemampuannya terbatas, apa yang terpikir olehnya untuk mencapai tujuan itu? Bisa saja dia mencari jalan pintas.

Dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Inggris, kita memang miskin data. Wajar bila tak bisa diketahui populasi psikopat yang ada di tengah masyarakat. Namun, sepanjang “budaya sakit” seperti di atas masih kuat berakar di masyarakat, rasanya tidak berlebihan bila dikatakan, sebenarnya banyak orang bergejala psikopat mondar-mandir di sekitar kita.*

Hare mengungkapkan, ada empat ciri utama seorang psikopat (mudah-mudahan kita tak masuk di dalamnya). Yakni, karakter antisosial (antisocial), pribadi yang sulit diduga (borderline), pandai bersandiwara (histrionic), dan luar biasa egois (narcisstic). Hare tegas-tegas mengategorikan keempat ciri ini sebagai kelainan kepribadian (personality disorder), meski sekilas --apalagi di dunia yang semakin kosmopolitan ini-- hal tadi tampak lumrah.

Kelainan kepribadian itu bukannya tak kasat mata. Pribadi antisosial, kata Hare, melahirkan kecenderungan melanggar norma-norma sosial atau mengintervensi orang lain (apakah kita termasuk di dalamnya?). Pribadi borderline dicirikan ketidakstabilan dalam hubungan interpersonal, ketidakstabilan citra diri, serta tak kuasa menurutkan kata hati (apakah kita termasuk di dalamnya?).

Sementara pribadi histrionic tampak dari kecenderungan emosi yang meledak-ledak, serta selalu ingin menarik perhatian (apakah kita termasuk di dalamnya?). Dan narcisstic ditunjukkan dengan keinginan kuat untuk selalu dikagumi yang dibarengi minimnya empati terhadap orang lain (apakah kita memenuhi kriteria ini?).

Hare mengantongi sejumlah indikator psikopat lainnya. Tapi singkatnya, terang dia, psikopat dicirikan oleh 'anomali' pada hubungan interpersonal serta faktor gaya hidup yang menyimpang. Sifat-sifat yang kerap tampak dari kedua ciri utama itu adalah: miskin empati, manipulatif, egosentris, pembohong, mudah frustrasi, memiliki perasaan yang dangkal, hubungan interpersonal yang episodik, gaya hidup parasit, dan kecenderungan melanggar norma-norma sosial. (Apakah kita memiliki salah satunya?).

Akhirnya, seabrek sifat buruk ini --seperti ditemui pada banyak psikopat-- mengerucut pada satu karakter tunggal: hipokrit alias munafik. Inilah karakter asli psikopat (hati-hati!). Berwajah ganda, tampilan psikopat seringkali menipu. Inilah alasan mengapa sang polisi pembantai asal Jambi, M Gribaldhy H Yani, luput dicurigai selama hampir sepuluh tahun. Nyatanya, Dr Hervey Cleckley telah memperingatkan jauh-jauh hari. Dalam buku Mask of Sanity (1947), perintis psikopat asal AS ini menyatakan bahwa psikopat adalah pribadi yang, ''Mudah disukai orang, menarik (charming), perangainya tampak intelek, perhatian, impresif, amat percaya diri (bahkan kerap menginspirasi orang lain), (bagi pria) pintar merayu wanita. Pribadi para penjilat?

Yang jelas, lanjut Hervey, di balik karakter yang menawan tadi psikopat-psikopat ini membawa sifat inheren yang negatif, yakni tidak bertanggung jawab (iresponsible), merusak diri sendiri (self destructive), dan yang serupa dengannya. Berdasarkan konstruk psikopat yang ada Hare kemudian mengembangkan alat ukur psikopat yang dikenal dengan nama PCL-R (Psychopathy Checklist Revised) pada 1985. Alat ukur ini lantas digunakan secara luas sebagai rujukan utama. Sarlito Wirawan berpendapat, dari fakta-fakta empiris yang ada, pengertian psikopat dan ruang lingkupnya perlu diklarifikasi

Belakangan sosok psikopat menjadi begitu mengerikan, khususnya di Indonesia, setelah Ryan - pria Jombang - yang dikenal sebagai guru mengaji yang santun, ternyata adalah pembunuh keji.
Walau belum sepenuhnya terbukti dirinya seorang psikopat atau schizoprenia, tidak ada salahnya kita mengenal lebih dalam sosok psikopat itu dan bagaimana mengenalinya. 
PENGERTIAN PSIKOPAT
Psikopat adalah perilaku psikologis dimana pelaku terus menerus mencari gratifikasi (pembenaran diri) atas tindakan2 keliru yang dilakukannya. Seorang psikopat tidak memiliki kemampuan untuk mengenali dan belajar dari kesalahan. Namun dia memiliki daya analisa yang tinggi dan seringkali tergolong orang yang sangat cerdas.
Banyak psikolog berpendapat, salah satu ciri awal seorang berpotensi menjadi psikopat adalah ketika dia memiliki rasa c inta pada diri sendiri (narcissistic). Dalam tingkatan spektum patologi, Narcissistic berada di peringkat terendah dari gejala kelainan jiwa (low-end). Jika kecintaan pada diri sendiri berubah menjadi paranoid (takut ada orang lain yang lebih cantik / tampan dari dirinya), maka orang itu berada pada spektrum tengah yang disebut Malignant Narcissism. Dan dalam spektrum tersebut, psikopat berada di peringkat paling atas dan disebut High-End Narcissism.
Seorang psikopat adalah orang yang selalu sukses di lini dan jenis pekerjaan apapun. Hal ini disebabkan dirinya cepat beradaptasi dengan kondisi apapun - terutama kondisi ekstrim. Kecerdasannya membuat dia memiliki kemampuan luar biasa untuk berpikir kreatif tanpa perlu mengikuti aturan2 baku yang berlaku. 
Seorang psikopat punya kecenderungan untuk melakukan tindakan kekerasan, seksual, memiliki keinginan agresif yang berlebihan. Walau demikian, mereka memiliki kemampuan kendali diri (impulsive control abilites) yang sangat baik dan mampu mengekang agresivitas mereka, sehingga tampak luar mereka adalah orang yang kalem, tenang, dan punya tata-krama kesopanan yang baik. Tidak sedikit pula karena sikapnya yang demikian, mereka dipilih sebagai pemimpin. 
MENGAPA SEORANG BISA JADI PSIKOPAT ?
Hingga saat ini tidak jelas apa yang menyebabkan seseorang menjadi psikopat. Namun seorang psikopat sudah dapat dilihat tendensinya saat dia masih kecil. Beberapa contoh yang bisa menunjukkan seorang anak berpotensi menjadi seorang psikopat :
a. Ngompol terus-menerus walau sudah menginjak usia pre-school (+/- 3 tahun).  
b. Senang menyiksa binatang.
c. Senang bermain api dan membakar sesuatu.
d. Senang merusak (destruktif),
e. Senang berbohong tentang sesuatu yang tidak jelas / tidak nyata.
f. Memiliki tingkah laku agresif (senang memukul, histeris, dan memaki) karena alasan tidak jelas.
Tidak point pertama (ngompol, senang menyiksa, dan bermain api) dikenal sebagai MacDonald Triad, yaitu indikator psikopatik yang dibuat oleh JM MacDonald, seorang pakar psikolog terkenal dunia. Dan percaya atau tidak, semua psikopat yang menjadi pembunuh berantai mengalami ketiga point itu. 
CIRI SEORANG PSIKOPAT
Berikut ini adalah karakteristik umum seorang psikopat :
a. Tampil anggun / penuh percaya diri 
b. Sangat senang dipuji.
c. Tidak perduli dengan (keselamatan) orang lain
d. Tidak punya rasa tanggung jawab
e. Tidak punya toleransi terhadap kesalahan / perbedaan / deviasi
f.  Narsis (Cinta pada diri sendiri), kadang berlebihan
g. Sering berbohong dan ceritanya berubah-ubah
h. Manipulatif (senang memanfaatkan orang lain)
i. Memiliki pola pikir yang super-kreatif 
j. Cenderung melakukan kekerasan saat merasa tersudut / kalah
k. Tidak memiliki rasa empati
l. Punya orientasi seksual yang menyimpang
m. Senang melukai / menyiksa / menyakiti orang lain dalam bentuk fisik / non-fisik.
n. Tidak mampu memahami pekerjaan yang sifatnya struktural / prosedural.
o. Tidak pernah merasa bersalah.
  MENGHINDARI SEORANG PSIKOPAT
Sangat sulit untuk mengatakan seseorang adalah seorang psikopat. Terlebih mereka mampu beradaptasi dengan baik dan memiliki tingkah-laku yang sangat santun. Psikopat pun adalah orang yang sangat cerdas sehingga kita pun tidak dapat serta-merta menunjuk dirinya sebagai seorang psikopat.
Yang bisa kita lakukan adalah bersikap preventif. Apabila ada orang yang baru kita kenal dan tiba-tiba sudah mengajak jalan / bertindak agresif / posesif, Anda patut waspada. Seorang psikopat tidak bisa menerima kata "tidak" karena itu mengindikasikan dirinya "kalah".
Selain itu, waspadalah dengan orang yang "terlalu sopan". Orang yang tiba-tiba mendekati kita, lalu memuji dirinya sendiri secara berlebihan (narsis), juga patut diwaspadai. Karena salah satu ciri seorang psikopat adalah cinta pada diri sendiri, dan kadang berlebihan.
Ujilah pula orang2 yang menurut Anda adalah "orang baik". Mintalah dia melakukan sebuah pekerjaan yang terstruktur dan berprosedur jelas. Seorang psikopat tidak akan mampu memahami instruksi kerja berdasarkan langkah2 yang sudah ditentukan (mereka cenderung menggunakan cara "by pass". Yang penting hasilnya sesuai permintaan).
Anda bisa pula menguji rekan2 Anda dengan mengajaknya bermain game RPG atau designing seperti Monopoly, The Sims, Harvest Moon, Tetris, Mahjong, The Tychoon, dll. Psikopat tidak mampu memahami alur permainan konstruktif seperti itu. Sangat berbeda jika Anda memintanya bermain Counter Strike, The Doom, Evil Dead, King of Fighting, Tekken, SmackDown, UFC, atau game2 sejenis yang sifatnya "kill & destroy" atau mengumbar kekerasan. Namanya mungkin menghiasi peringkat 1 - 10 Top Scorer game2 itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar