Kamis, 16 Juni 2011

Cara Mencegah Jerawat Pada Remaja dan ABG

Perubahan hormon yang terjadi secaradrastis pada tubuh remaja membuatnya gampang mengalami krisis mental dan perubahan emosi. Perubahan hormon juga salah satunya membuat hampir semua remaja mengalami jerawat. Tapi ada beberapa cara agar remaja tak gampang jerawatan.

Dari survei yang dilakukan menunjukkan 1 dari 5 remaja mengalami masalah jerawat yang parah. Jerawat yang parah membuat remaja minder dan secara psikologis menurut pakar kulit Jerry Tan MD dari University of Western Ontario Canada, bisa menghancurkan kepercayaan diri yang sedang berusaha dibangunnya.

Berikut beberapa cara sehat agak remaja tak gampang jerawatan, seperti dilansir Livestrong, Jumat (10/6/2011):

1. Hindari susu
Meski tidak semua, tetapi kebanyakan hewan ternak disuntik hormon. Ini akan membuat bahan makanan yang berasal dari hewan seperti unggas atau sapi dapat memicu timbulnya jerawat karena tubuh lebih banyak memproduksi testosteron yang kemudian menyebabkan jerawat.

2. Hindari makanan manis
Studi-studi lain telah menemukan bahwa makan makanan manis atau makanan karbohidrat seperti kue, cokelat atau keripik dapat menyebabkan jerawat karena meningkatkan kadar glikemik dalam tubuh.

Menghindari makanan tinggi gula seperti permen, sereal, roti putih atau makanan berlemak dan berminyak seperti kentang goreng, mayones dapat membantu mencegah masalah jerawat.

3. Perbanyak makan buah dan sayur
Makanan utama yang direkomendasikan untuk mencegah jerawat adalah buah-buahan segar, sayuran, makanan laut dan daging tanpa lemak untuk membantu ketidakseimbangan hormon sehingga dapat mengendalikan dan mencegah jerawat.

Kedelai dan produk tahu juga dianjurkan untuk menggantikan daging dan produk susu yang dapat memicu jerawat.

Menurut Australia Women's Weekly, diet sehat agar tak mudah jerawatan seharusnya 30 persen lemak, 25 persen protein dan karbohidrat 45 persen. Diet suplemen seperti minyak biji rami atau vitamin A, seng dan teh hijau juga telah dikatakan dapat membantu memperbaiki kondisi jerawat.

4. Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan dan kehigienisan sama pentingnya dengan diet makanan sehat untuk mencegah jerawat. Cuci wajah dengan sabun ringan dan produk pembersih bebas minyak.

Pastikan mencuci wajah lebih dari dua kali sehari jika Anda bekerja di luar ruangan atau berkeringat lebih banyak. Jangan gunakan sembarangan kain lap pada wajah karena bisa jadi tidak bersih dan malah memicu atau memperburuk arisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar