Sabtu, 28 Mei 2011

Tentang Twitter

Twitter adalah layanan social networking dan micro-blogging gratis yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan pendek 140 karakter melalui sms, instant messenger, web service atau layanan pihak ketiga seperti Twitterrific, Twhirl dan Facebook. Dengan memanfaatkan Twitter, Anda bisa mendapatkan updates informasi terbaru mengenai apa yang dilakukan teman, saudara, keluarga atau blogger favorit Anda secara gratis. Munculnya Twitter sejak Maret 2007 telah disambut gembira di kalangan pengguna internet.
Di dunia blogging dan make money from blog, kehadiran Twitter pun disambut dengan sukacita. Meskipun saat ini peluang monetisasi melalui Twitter belum ada (setidaknya yang saya tahu), namun bukan tidak mungkin jika tidak lama lagi kita bisa mendulang uang melalui Twitter. Tim Twitter sendiri nampaknya tidak menutup kemungkinan hal itu akan segera terwujud.
Artinya, dengan mulai menggunakan Twitter (dan membiasakan diri dengan fitur-fiturnya) sekarang juga, Anda bisa menjadi orang pertama yang bisa segera menikmati peluang monetisasi Twitter jika saat yang ditunggu-tunggu itu telah tiba.
Buat saya pribadi, setidaknya ada 5 alasan kenapa saya akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan layanan Twitter dan menggunakannya di blog ini (widget Twitter ada di sidebar sebelah kanan blog ini). Kelima alasan tersebut, tentu saja, lebih bersifat pribadi dan barangkali berbeda dengan preferensi Anda.
1. Eksperimen Pribadi
Jujur saja, sampai sekarang saya masih juga bereksperimen mencari-cari format paling nyaman untuk menggunakan Twitter dan mendapatkan manfaat terbesarnya. Sambil bereskperimen, tidak ada salahnya untuk berbagi layanan ini dengan Anda.
2. Efisiensi Waktu
Dengan menggunakan Twitter, saya bisa menyampaikan informasi terbaru tentang aktivitas pribadi, updates blog ataupun sekedar menyampaikan pertanyaan secara ringkas dan efisien. Cukup 140 karakter saja. :)
3. Keep Updates
Ini yang paling saya suka. Dengan mengikuti (following on Twitter) sejumlah blogger favorit yang memang hampir tiap hari saya baca lewat RSS, saya bisa mendapatkan updates dan breaking news dalam hitungan detik. Keuntungannya, saya bisa segera tahu trend atau gosip terbaru apa yang sedang hangat di dunia blogging dan make money from blog.
4. Networking
Seperti konsep dasarnya, Twitter adalah layanan social networking yang memungkinkan kita terhubung dengan orang lain dengan saling mengikuti satu sama lain. Dengan menggunakan Twitter, saya bisa memiliki akses langsung untuk mengirim pesan bahkan kepada Darren Rowse ataupun Jeremy “Shoemoney” sekalipun. Sesuatu yang nyaris tidak mungkin dilakukan jika tidak ada Twitter.
5. Peluang Monetisasi
Saya yakin, suatu saat nanti Twitter bisa menjadi peluang monetisasi blog yang cukup menjanjikan. Jika blog dengan traffic tinggi, pelanggan RSS yang cukup banyak dan page views yang cukup tinggi bisa “dijual”, bukan tidak mungkin jumlah followers Twitter yang cukup banyak bisa juga dimonetisasi dengan cara yang sama. Siapa tahu nanti akan lahir konsep PayPerTweet, semacam PayPerPost di ladang paid review.
Nah, bagaimana dengan Anda? Apa alasan Anda menggunakan Twitter? Sudahkan Anda menggunakan Twitter? Jika belum, kenapa tidak mencobanya sekarang juga? Silahkan klik disini untuk mendaftar Twitter. Jika Anda ingin memiliki akses lebih pribadi dengan saya, silahkan follow twitter saya di @aliaabidin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar